Rabu, 11 Desember 2013

contoh RPP Bahasa Indonesia SMK kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Satuan Pendidikan      : SMK  NEGERI  8  BANDUNG
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Program  Keahlian      : TKR, TSM, dan TPBO
Kelas/ Semester           : XI/3
 Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit


A.    STANDAR KOMPETENSI     
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia
B.     KOMPETENSI DASAR          
Menyimak untuk menyimpulkan informasi yang tidak bersifat perintah dalam konteks bekerja.
C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Setelah bertanya jawab,  siswa mampu menyebutkan kembali  jenis-jenis informasi yang ada di sekitar dengan tepat.
2.      Setelah berdiskusi, siswa mampu membedakan informasi berbentuk verbal (lisan/tulisan) dan informasi yang berbentuk non verbal ( bagan/tabel, diagram/ grafik/denah/matriks) dengan tepat.
3.      Setelah berdiskusi siswa mampu mengubah informasi berbentuk lisan menjadi informasi yang berbentuk non verbal ( bagan/tabel, diagram/grafik/denah/matriks) dengan tepat.
D.    INDIKATOR
1.      Jenis – jenis informasi  yang ada disekitar disebutkan.
2.      Informasi berbentuk verbal (lisan/tulisan) dan informasi berbentuk non verbal               ( bagan/tabel, diagram/ grafik/denah/matriks) dibedakan.
3.      Informasi berbentuk verbal berupa lisan dan tulisan dapat diubah kedalam bentuk non verbal ( bagan/tabel, diagram/ grafik/denah/matriks).
E.     MATERI  PEMBELAJARAN ( Terlampir )
1.      Jenis-jenis informasi yang ada di sekitar.
2.      Informasi berbentuk verbal dan non verbal ( bagan/tabel, diagram/ grafik/denah/matriks).
3.      Cara mengubah informasi verbal menjadi non verbal.
  

F.     METODE  PEMBELAJARAN
1.      Model Pembelajaran   : Kooperatif Learning                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       
2.      Pendekatan                 : Student Center
3.      Metode                        : Tanya Jawab
  Diskusi
  Presentasi
  Pemberian Tugas

G.    MEDIA/ ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media Pembelajaran :  contoh gambar, tabel, grafik, bagan, peta, denah, dsb.
2.      Alat/Bahan Pembelajaran : In Fokus, netbook, MS Powerpoint, modul.
3.      Sumber Pembelajaran  :
a.       Artikel
b.      Internet
c.       Buku Teks Bahasa Indonesia (Buku Elektronik Sekolah) karangan M. Irman, M.M
H.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU
1.Kegiatan Awal
a.       Pengkondisian kelas (berdoa, pengabsenan, mengatur ruangan sesuai kebutuhan)
b.      Apersepsi
Guru menjajaki pengetahun siswa tentang  jenis-jenis informasi yang ada di sekitar.
c.       Motivasi
Guru menyampaikan Informasi/materi tentang informasi verbal  dan informasi berbentuk non verbal.
2.Kegiatan Inti
a. Mengamati
1)      Siswa mencermati jenis informasi yang sudah disediakan pada lembar kerja.
2)      Siswa menyimak informasi  yang diberikan guru mengenai informasi yang terdapat pada lembar kerja.
b. Menanya
3)      Siswa bertanya jawab dengan guru tentang  informasi verbal dan non verbal  yang  terdapat dalam lembar kerja.
c.Mengumpulkan dan Mengasosiasi
4)      Siswa meneliti informasi verbal yang pada lembar kerja.
5)      Siswa mendiskusikan bentuk non verbal yang sesuai dengan informasi verbal  pada lembar kerja tersebut.
6)      Siswa berdiskusi dan mencoba untuk mengubah informasi verbal pada lembar kerja tersebut ke dalam bentuk non verbal.
c. Mengomunikasikan
7)      Siswa mempresentasikan hasil diskusi yaitu berupa informasi yang berbentuk non verbal yang telah dibuatnya.
8)      Siswa pada kelompok lain menyimak dan menanggapinya.
9)      Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran.
3.Kegiatan Akhir
  • Refleksi
  • Penugasan
  • Informasi Materi Pada Pertemuan berikutnya.
  • Penutupan Pembelajaran

20 menit













  50 menit












 20 menit

I.       PENILAIAN
1.   Teknik                               : Tes Lisan dan Penilaian Portofolio
2.   Bentuk Instrumen                         : Daftar pertanyaan dan Lembar Penilaian Portofolio
3.   Soal/instrumen                 : Terlampir



Mengetahui,                                                                Bandung,           Juli 2013
Kepala SMK NEGERI 8 BANDUNG                        Guru Mata Pelajaran,



Dra. EUIS PURNAMA                                               RINA ARMAINI, S.Pd.
NIP. 196108161988032003                                          NIP. 197603172010022001










LAMPIRAN

A.    MATERI
1.      Pengertian
      Informasi adalah sekumpulan data/ fakta yang diorganisasi atau diolah dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerima  ( Wikipedia.com)

2.      Jenis-Jenis Informasi (verbal dan non verbal)
      Informasi yang kita simak perlu ditelaah isinya berdasarkan kepentingan atau maksud yang terkandung di dalamnya. Bentuk-bentuk pengungkapan informasi baik yang verbal maupun nonverbal masing-masing selalu membutuhkan penyampaian informasi. Adakalanya suatu informasi lebih tepat disampaikan dengan penyajian verbal karena lebih memerlukan banyak penjelasan daripada bentuk visual.

Namun, ada informasi yang lebih mudah dicerna karena disajikan dalam bentuk nonverbal. Tapi pada dasarnya semua itu bergantung pada kebutuhan. Proses mengubah isi informasi verbal menjadi nonverbal memang agak sulit. Namun, bila bahan simakan dapat ditelaah, hal itu bukan hal yang tidak dapat dilakukan. Itulah sebabnya, kita perlu berlatih dengan saksama. Cara pertama, simaklah isi informasi dengan penuh perhatian. Kedua, setelah disimak, cobalah perhatikan: Apa isinya, bagaimana uraiannya, dan dapatkah divisualisasikan.

3.      Cara mengubah Informasi verbal ke bentuk non verbal.
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mengalihkan atau mengubah informasi verbal ke informasi nonverbal, adalah sebagai berikut.
a.       Perhatikan dengan saksama isi informasi verbal yang ingin diubah.
b.      Perhatikan data-data berupa lambang, satuan atau angka-angka serta perbandingannya untuk menentukan bentuk visual yang efektif, apakah grafik, tabel,     diagram dan yang lainnya.
c.       Catatlah hal-hal pokok atau inti dari informasi yang disimak.
d.      Buatlah bentuk nonverbal yang tepat untuk mengungkapkan informasi tersebut.
e.       Gambar, bagan, atau grafik dibuat dengan baik, benar, tepat, dan seimbang dengan     isi.
f.       Tentukan warna, lambang, atau bentuk untuk menggambarkan atau membedakan     data-datanya.



Perhatikan contoh perubahan informasi verbal menjadi informasi nonverbal di bawah ini!
Contoh I.
Berdasarkan penghitungan suara sementara putaran pertama pemilu Presiden 2004, Yudhoyono-Yusuf Kalla menempati urutan pertama dengan perolehan suara sebanyak 35.687.602 atau 33,60% dari total perolehan suara. Megawati-Hasyim menempati urutan kedua dengan perolehan jumlah suara sebanyak 27.910.706 atau 26,27% dari total perolehan suara. Urutan ketiga ditempati oleh Wiranto-Salahuddin dengan perolehan suara sebanyak 23.583.501 atau 22,20% dari total perolehan suara. Urutan keempat ditempati Amien Rais-Siswono dengan perolehan jumlah suara sebanyak 15.800.979 atau 14,08% dari total perolehan suara sedangkan duet Hamzah- Agum menempati urutan terakhir.
Total perolehan suara yang telah terkumpul sampai 19 Juli 2004, pukul 21.00 adalah 106.228.247 orang.

Inti dari informasi verbal di atas, adalah sebagai berikut.
1. Informasi tentang penghitungan suara pemilu Presiden 2004.
2. Penghitungan suara sementara putaran pertama pemilu Presiden 2004     Yudhoyono-Kalla menempati urutan pertama pemilu dengan perolehan suara     sebanyak 35.687.602 atau 33,60%.
3. Megawati-Hasyim menempati urutan kedua dengan perolehan suara 27.910.706     atau 22,20%.
4. Wiranto-Salahuddin berada di urutan ketiga dengan perolehan suara 23.583.501     atau 22,20%.
5. Amien-Siswono memperoleh jumlah suara 15.800.979 atau 14,80%.
6. Hamzah-Agum menempati urutan terakhir dengan jumlah perolehan suara     3.253.014 atau 3,06%.
7. Total perolehan suara yang terkumpul sampai 19 Juli 2004 pukul 21.00 adalah     106.228.247 orang.
Bentuk informasi nonverbalnya berupa diagram seperti berikut.



B.     Instrumen Tes

EVALUASI  Bahasa Indonesia: Daftar Pertanyaan Tes Lisan (Wawancara)


Daftar Pertanyaan Tes Lisan (Wawancara)


Mata pelajaran             : Bahasa Indonesia
Nama                           : .......................................................
Kelas / semester          : XI/3
Standar kompetensi    : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat Madya.
Kompetensi dasar       : Menyimak untuk menyimpulkan informasi yang tidak bersifat
                                      perintah dalam konteks bekerja.
Indikator                     : Jenis-jenis informasi dapat disebutkan oleh siswa.


1.     Sebutkan jenis informasi yang kamu ketahui?
A.  Jawaban siswa tepat          B. Jawaban kurang tepat         C. Jawaban tidak tepat

2.   Informasi yang berupa pengumuman di televisi merupakan jenis informasi apa?
A.  Jawaban siswa tepat          B. Jawaban kurang tepat         C. Jawaban tidak tepat

3.      Apa yang dimaksud informasi berbentuk lisan?
A.  Jawaban siswa tepat          B. Jawaban kurang tepat         C. Jawaban tidak tepat

4.     Sebutkan tiga jenis informasi dalam bentuk tertulis ?
A.  Jawaban siswa tepat          B. Jawaban kurang tepat         C. Jawaban tidak tepat

Psikomotorik:
1.      Tindakan apa yang telah kamu lakukan untuk menunjukkan bahwa kamu benar-benar meyakini bahwa Allah sebagai Tuhan satu-satunya yang harus diutamakan dan diagungkan?
A.  Jawaban siswa tegas         B. Jawaban Sesuai harapan     C. Jawaban berargumentasi benar

Afektif:
1.      Apakah tujuanmu mengerjakan ibadah agama islam (sholat, puasa, dan sodaqoh)?
A.  Jawaban siswa tegas         B. Jawaban Sesuai harapan     C. Jawaban berargumentasi benar

2.      Bagaimana jika kamu menemui kasus temanmu yang pindah agama?
A.  Jawaban siswa tegas         B. Jawaban Sesuai harapan     C. Jawaban berargumentasi benar

Pedoman Penilaian:
A         =  Memiliki nilai Maksimal 20
B         =  Memiliki nilai Maksimal 30
C         =  Memiliki nilai Maksimal 50
Kriteria skor per-soal/pertanyaan:

             <  30               =  Kurang baik
30    – 60     =  Cukup Baik
60    – 80     =  Baik
80 – 100          =  Sangat Baik
            

Vika, siswi Kelas 1 SMK, bercita-cita menjadi animator profesional. Untuk itu, dia memilih sekolah di SMK jurusan Grafika. Selain sekolah dan magang yang telah ditetapkan sebagai program sekolah, untuk menunjang cita-citanya tersebut, dia mengikuti kursus komputer dan bahasa Inggris.
“Calon animator profesional”  tersebut telah merencanakan setamat pendidikan
nanti, jika kondisi sangat memungkinkan, dia akan melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Jurusan yang akan diambilnya adalah desain grafis. Jika keuangan keluarganya tidak memungkinkannya untuk kuliah, dia akan kursus desain grafis saja. Akan tetapi, jika kedua keinginannya tersebut tidak dapat terpenuhi, dia akan mengikuti balai latihan kerja (BLK) terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia kerja.
Dengan mengikuti BLK, Vika yakin akan mudah mendapat pekerjaan karena peserta pelatihan di BLK akan disalurkan kerja sesuai dengan bidang keahliannya masingmasing. Bila ikut pelatihan di BLK pun tidak memungkinkan karena kondisi keuangan keluarganya, terpaksa dia langsung bekerja di mana saja dalam bidang apa saja. Tekadnya, yang penting dia dapat menabung untuk dapat meraih cita-citanya kelak.

a.       Termasuk dalam jenis informasi verbal ataukah non verbal paragraf tersebut!
b.      Buatlah informasi non verbal berdasarkan inti informasi verbal tersebut!



1.      Kunci Jawaban

a.       Inti dari informasi di atas seperti berikut.
1) Vika bercita-cita menjadi animator profesional.
2) Vika memilih sekolah di SMK jurusan Grafika.
3)Tamat SMK, Vika berencana melanjutkan ke perguruan tinggi jika ada biaya.
4) Jika biaya tidak memungkinkan, Vika mengikuti latihan balai kerja (BLK).

b.      Informasi Verbal
c.       Bentuk Informasi Nonverbal yang cocok dari informasi di atas adalah bagan, yaitu:
                  
 
Vika Siswi SMK Jurusan Grafika
Kuliah
jurusan desain grafis
Kursus
Bekerja
BLK
Desain Grafis
Animator Profesional


















2.      Penilaian


Aspek
Penilaian
Skor
Inti informasi yang disampaikan.
Tepat
Kurang tepat
Tidak tepat
3
2
1
Jenis informasi verbal/non verbal
Tepat
Kurang tepat
Tidak tepat
3
2
1
Kesesuaian bentuk non verbal dengan informasi yang diperdengarkan
Tepat
Kurang tepat
Tidak tepat
4
3
2
Skor maksimal : 10
 
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 10 :
Nilai akhir   =   . . .







 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar