SILABUS BAHASA INDONESIA
KELAS : XI
JENJANG : S M K
Alokasi Waktu: 4
jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah
dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran
untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
3.1
Mengorganisasikan informasi berupa pernyataan-pernyataan umum
dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
· Isi Teks Prosedur.
|
·
Mengidentifikasi teks prosedur dengan memperhatikan isi, pernyataan umum dan langkah-langkah/
tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur.
·
Membuat rancangan teks prosedur dengan organisasi yang tepat
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisiteks prosedur
|
4.1
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis.
|
||
3.2
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
Teks Prosedur:
· struktur;
· kebahasaan;
· konjungsi ;
· jenis kalimat; dan
·
verba material dan verba tingkah laku.
|
·
Mengidentifikasi struktur, kebahasaan, topik, isi teks prosedur
·
Menyusun teks prosedur dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan yang dominan
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks prosedur yang
disusun.
|
4.2
Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis
terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
|
||
3.3
Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian)
dalam teks ekplanasi lisan dan tulis
|
Teks Eksplanasi:
· pengertian;
· isi; dan
·
kejadian yang menunjukkan hubungan
kausalitas.
|
·
Menganalisis teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan
kejadian, hubungan kausalitas, dan topik.
· Menulis
kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi
secara lisan dan tulis
·
Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi
yang disusun
|
4.3
Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam
teks eksplanasi secara lisan dan tulis
|
||
3.4
Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks eksplanasi
|
Teks Eksplanasi:
· Struktur;
· Kebahasaan; dan
· Konjungsi.
|
·
Mengidentifikasi teks eksplanasi dengan memerhatikan istilah, pokok isi, referensi, dan pengetahuan dan urutan
kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.
·
Menyusun teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
· Mempresentasikan,
memberikan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam
diskusi kelompok.
|
4.4
Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atautulis dengan
memerhatikan struktur dan kebahasaan
|
||
3.5
Mengidentifikasi unsur-unsur ceramah,
kebahasan, isi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam
ceramah
|
Ceramah:
· unsur-unsur;
· kebahasaan; dan
· isi.
|
·
Menentukanunsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan,
·
Menulis kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan
memerhatikan isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah.
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah
yang disusun
|
4.5
Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai
bahan untuk disajikan dalam ceramah
|
||
3.6
Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.
|
Teks ceramah:
· isi;
· struktur;
· kebahasaan; dan
· teknik orasi ceramah.
|
·
Menggali isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.
·
Menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan,
kebahasaan, tema, dan struktur.
·
Menyampaikanteks ceramah yang telah dibuat dalam bentuk lisan
dengan memperhatikan teknik cermah
(intonasi, ekspresi, dan bahasa tubuh) yang baik dan sesuai.
·
Mengomentari dan memperbaiki cermah temannya.
|
4.6
Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan
memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat.
|
||
3.7
Menemukan butir-butir penting dari satu buku pengayaan
(nonfiksi) yang dibaca
|
Buku pengayaan nonfiksi:
·
isi buku;
· keunggulan buku;
· kelemahan buku; dan
· simpulan.
|
·
Menentukan unsur-unsur penting buku yang dibacanya.
·
Menyusun laporan hasil kerja kelompok
dengan
mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
·
Mempresentasikan dan
memberi tanggapan, dan merevisihasil kerja dalam diskusi kelas.
|
4.7
Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan
(nonfiksi)
|
||
3.8
Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam
kumpulan cerita pendek yang dibaca
|
Cerpen:
· Isi cerpen
· Nilai-nilai kehidupan dalam cerpen
· Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
· Kebahasaan cerpen
·
Majas
·
peribahasa
·
ungkapan
|
·
Menentukan unsur intrinsik, ekstrinsik, dan nilai-nilai dalam
cerpen serta menerapkan nilai-nilai
dalam cerpen ke dalam kehidupan sehari-hari.
·
Mempresentasikan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
4.8
Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari
dalam cerita pendek
|
||
3.9
Menganalisis unsur-unsur
pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek
|
Cerpen:
· Unsur-unsur pembangun cerpen
· Merekonstruksi cerpen.
|
·
Mengidentifikasi cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur
pembangun cerpen
·
Menyusun kembali cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur
pembangun cerpen
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam
diskusi kelas.
|
4.9
Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan
unsur-unsur pembangun cerpen.
|
||
3.10
Menemukan butir-butir
penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
Buku nonfiksi:
· isi buku pengayaan;
· keunggulan buku;
· kelemahan buku; dan
·
simpulan.
|
·
Membuat simpulan tentang isi buku nonfiksi yang dibaca.
·
Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas.
·
Memberi tanggapan dan memperbaiki hasil kerja kelompok.
|
4.10
Mempertunjukkan kesan pribadi terhadap salah satu buku ilmiah
yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat
|
||
3.11
Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.
|
Buku Fiksi:
· isi buku fiksi;
· bagian-bagian dalam buku fiksi; dan
· ulasan terhadap buku fiksi.
|
·
Mengidentifikasi dan mengomentari bagian-bagian yang membangun
cerita fiksi yang dibaca.
·
Menyusun ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan
keunggulan dan kelemahan isi buku fiksi yang dibaca.
·
Mempresentasikan, memberitanggapan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi
kelas.
|
4.11
Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.
|
||
3.12
Menentukan informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan
atau penelitian yang dibaca
|
Proposal:
· informasi dalam proposal; dan
·
unsur-unsur proposal.
|
·
Mengidentifiksi isi tiap-tiap unsur proposal.
·
Menyunting proposal yang dibaca dengan cara melengkapi informasi
yang kurang lengkap.
·
Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
4.12
Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan supaya lebih
efektif
|
||
3.13
Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal
|
Proposal:
· isi proposal;
· sistematika proposal; dan
·
unsur kebahasaan proposal.
|
·
Mengidentifikasi isi, sistematika, dan kebahasaan proposal.
·
Membuat proposal berdasarkan unsur-unsur proposal, pendahuluan,
latar belakang masalah, metode, pelaksanaan (tempat, waktu, biaya, dan
pelaksana) dengan memperhati-kan isi
dan kebahasaannya.
·
Mempresentasikan,menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam
diskusi kelas.
|
4.13
Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan
informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan
|
||
3.14
Mengidentifikasi informasi, tujuan dan esensi sebuah karya
ilmiah yang dibaca
|
Karya Ilmiah:
· unsur-unsur karya ilmiah;
· isi dankebahasaan dalam karya ilmiah;
· tujuan dan esensi karya ilmiah; dan
·
membuat karya ilmiah.
|
·
Menentukaninformasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang
dibaca.
·
Merancang karya ilmiah sesuai dengan unsur-unsur dan isi karya
ilmiah.
·
Mempresentasikanmenanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam
diskusi kelas.
|
4.14
Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan
dalam karya ilmiah
|
||
3.15
Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah
|
Karya Ilmiah:
· kebahasaan karya ilmiah;
· kalimat baku;
· penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul); dan
· menyusun karya ilmiah.
|
·
Mengumpulkan dan mengidentifikasi data berkenaan dengan
informasi yang akan disusun dalam bentuk karya ilmiah.
·
Menulis karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan
kebahasaan.
·
Mempresentasikan, menanggapi, merevisi,menilaikarya ilmiah hasil
kerja dalam diskusi kelas.
|
4.15
Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi,
sistematika, dan kebahasaan.
|
||
3.16
Membandingkan isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika
sebuah resensi
|
Resensi:
· isi dan kebahasaan dalam resensi;
· membuat resensi;
· unsur-unsur resensi; dan
·
sistematika resensi.
|
·
Menentukan persamaan dan perbedaan isi dan sistematika beberapa
resensi.
·
Menyusun sebuah resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan
unsur-unsurnya.
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja
dalam diskusi kelas.
|
4.16
Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan
beberapa teks resensi
|
||
3.17
Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang
berbeda.
|
Resensi:
· unsur-unsur kebahasaan resensi; dan
· merekonstruksi resensi.
|
·
Mengidentifikasi kebahasaan resensi
·
Mengonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerpen atau
novel.
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja
dalam diskusi kelas.
|
4.17
Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerita pendek atau novel yang
sudah dibaca.
|
||
3.18
Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton
|
Drama:
· Alur dalam drama
· Babak dalam drama
· Konflik dalam drama
·
Penokohan dalam drama
|
·
Mendata, alur, konfliks, penokohan, dan hal yang menarik dalam
drama yang dipentaskan.
·
Memerankan salah satu tokoh
dalam naskah drama yang dibaca sesuai dengan watak tokoh tersebut
·
Memberi tanggapan, serta memperbaiki hasil kerja dalam diskusi
kelas.
|
4.18
Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau
ditonton secara lisan
|
||
3.19
Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
|
Drama:
· Isi dan kebahasaan drama
· Persiapan mementaskan drama.
·
Pementasan drama
|
·
Mengidentifikasi isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau
ditonton.
·
Merancang pementasan dan mendemonstrasikan drama sebagai seni pertunjukan dengan
memperhatikan tata panggung, kostum, tata
musik, dan sebagainya.
·
Memberikan tanggapan terhadap pementasan drama kelompok lain.
|
4.19
Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi
dan kebahasaan
|
||
3.20 Menganalisis
pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca
|
· Unsur-unsur novel atau kumpulan puisi.
· Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi.
|
·
Mengidentifikasi pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku
kumpulan puisi) yang dibaca.
·
Menyusun ulasan terhadap
pesan dari dua buku fiksi yang dikaitkan dengan kondisi sekarang.
·
Mempresentasikan, menanggapi, memperbaiki hasil kerja dalam
diskusi kelas.
|
4.20 Menyusun
ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan
situasi kekinian
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar